Surat Pindah

DASAR HUKUM

  1. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  2. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 6/2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Banyumas;
  4. Peraturan Bupati Banyumas Nomor 20 Tahun 2011 tentang Persyaratan dan Tata Cara Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

PERSYARATAN

  1. Pindah Antar Kecamatan
    1. Pengantar RT/RW
    2. Pengantar Kelurahan
    3. Kartu Keluarga asli
    4. KTP asli
    5. Fotocopy Surat Nikah (bagi yang sudah nikah)
    6. Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
    7. Persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku
  2. Pindah Antar Kabupaten/Provinsi
    1. Pengantar RT/RW
    2. Pengantar Kelurahan
    3. Kartu Keluarga asli
    4. KTP asli
    5. Fotocopy Surat Nikah (bagi yang sudah nikah)
    6. Foto berwarna ukura 4 x 6 sebanyak 6 helai
    7. SKCK
    8. Persyaratan lain yang diperlukan sesuai dengan peraturan yang berlaku

PROSEDUR

  1. Pemohon datang membawa berkas yang telah diisi dan ditandatangani oleh Desa/Kelurahan;
  2. Pemohon menyerahkan berkas kepada petugas;
  3. Petugas mengoreksi berkas yang diterima, apabila belum lengkap maka agar dilengkapi dahulu persyaratannya, apabila sudah lengkap maka akan diregister/dicatat dan di buku register Pindah Keluar;
  4. Untuk Pindah Keluar antar kecamatan apabila sudah lengkap pemohon untuk dapat menunggu surat pindah dibuatkan oleh operator;
  5. Operator memproses surat pindah, pindah antar kecamatan akan langsung di buatkan surat pindah menuju alamat tujuan sedangkan untuk pindah antar kabupaten maupun provinsi hanya mengetahui saja dan selanjutnya pemohon ke Dindukcapil Kab. Banyumas untuk dibuatkan Surat Pindah;
  6. Operator mencetak KK dan hasil cetak diserahkan kepada petugas pelayanan;
  7. Pemohon mengambil dokumen pindah dengan terlebih dahulu mengecek kebenaran data pada dokumen;
  8. Setelah dicek dan valid kemudian pemohon akan memfotokopi Surat Pindah sebanyak 3 rangkap selanjutnya di serahkan kembali kepada petugas;
  9. Kemudian petugas akan membagi 3 Surat Pindah untuk 3 tujuan di alamat yang baru yaitu untuk RT, Kelurahan, dan Kecamatan yang baru, setelah itu berkas di serahkan ke pemohon untuk selanjutnya dibawa ke alamat yang baru.

WAKTU PENYELESAIAN

Waktu penyelesaian maksimal 1 (satu) hari kerja sejak berkas dinyatakan lengkap.

BIAYA

Sesuai dengan ketentuan biaya yang dibayarkan Rp 0,- (Gratis).