Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran / Kematian

Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran

Dasar Hukum :

  • Peraturan Bupati Banyumas Nomor 20 Tahun 2011 tentang Persyaratan dan tata cara Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipill;
  • Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banhyumas (Lembaran Daerah Kabupaten Banhyumas Tahun 2016 No 1 Seri D);
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2019 Tentang Formulir Dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan;
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan;

Persyaratan :

  • Formulir Permohonan dilampiri Data Dukung antara lain KTP Orang Tua, Surat Kelahiran dari Faskes, Surat Kelahiran dari Kelurahan, KK, Surat Nikah dan Data Dukung lainnya.
  • Mendaftarkan permohonan KK melalui https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/

Sistem Mekanisme dan Prosedur :

  • Pemohon menyerahkan formulir permohonan dan data dukung pada loket pelayanan di Kecamatan Purwokerto Timur
  • Pemohon mendaftarkan pembuatan Akte Kelahiran melalui website https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/
  • Petugas melaksanakan verifikasi data dukung dan pengecekan di website
  • Petugas mencetak Akte Kelahiran kemudian diserahkan kepada pemohon

Jangka Waktu Penyelesaian :

  • 1 (satu) hari kerja setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap dan benar serta tidak ada gangguan Internet dan lain-lain

Biaya / Tarif :

  • Tidak dipungut biaya / gratis

Produk Pelayanan :

  • Akta Kelahiran

Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

  • Langsung datang ke Kantor Kecamatan Purwokerto Timur
  • Langsung Telepon (0281) 636094 atau di Nomer Whastapp 0896 1869 9719
  • Melalui Kotak Saran

 

Pelayanan Pembuatan Akte Kematian

Dasar Hukum :

  • Peraturan Bupati Banyumas Nomor 20 Tahun 2011 tentang Persyaratan dan tata cara Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipill;
  • Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banhyumas (Lembaran Daerah Kabupaten Banhyumas Tahun 2016 No 1 Seri D);
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2019 Tentang Formulir Dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan;
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan;

Persyaratan :

  • Formulir Permohonan dilampiri Data Dukung antara lain KTP,KK, Surat Kematian dari Kelurahan atau dari Rumah Sakit.
  • Mendaftarkan permohonan KK melalui https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/

Sistem Mekanisme dan Prosedur :

  • Pemohon menyerahkan formulir permohonan dan data dukung pada loket pelayanan di Kecamatan Purwokerto Timur
  • Pemohon mendaftarkan pembuatan Akte Kematian melalui website https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/
  • Petugas melaksanakan verifikasi data dukung dan pengecekan di website
  • Petugas mencetak Akte Kelahiran kemudian diserahkan kepada pemohon

Jangka Waktu Penyelesaian :

  • 1 (satu) hari kerja setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap dan benar serta tidak ada gangguan Internet dan lain-lain

Biaya / Tarif :

  • Tidak dipungut biaya / gratis

Produk Pelayanan :

  • Akta Kelahiran

Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

  • Langsung datang ke Kantor Kecamatan Purwokerto Timur
  • Langsung Telepon (0281) 636094 atau di Nomer Whastapp 0896 1869 9719
  • Melalui Kotak Saran
.